Bisakah Sinar Matahari dengan Vitamin D-nya Membantu Mengalahkan Virus Corona

MEDICAL HACKING – Apakah Anda memiliki terlalu banyak waktu di dalam ruangan? Anda bukan satu-satunya. Banyak dari kita sekarang menggunakan hingga 90 persen hidup kita di dalam ruangan dan retina kita dibombardir dengan cahaya lampu hingga larut malam.

Itu berarti dibandingkan dengan nenek moyang kita, kita terkena sedikit cahaya di siang hari dan lebih banyak cahaya di malam hari. Ini gangguan terhadap terang-gelap kita yang berevolusi dengan memiliki efek mendalam pada ritme sirkadian kita, pergeseran pola tidur dan mempengaruhi cara kesehatan kita yang mungkin menyadarinya.

Tingkat membantu mengatur kewaspadaan dan suasana hati. Kita juga mengandalkan sinar matahari untuk mengubah kolesterol di kulit menjadi vitamin D, yang membantu membangun tulang yang kuat, dan memainkan peran yang bermanfaat dalam sistem kekebalan tubuh kita. Beberapa berita utama menyarankan bahwa sinar matahari dapat membantu melindungi kita dari virus corona . Tapi apakah sains mendukung hal semacam ini? Dan apa yang kita lewatkan ketika kita terkurung di dalam ruangan?

Dalam banyak kesempatan, kita melihat bukti manfaat sinar matahari bagi kesehatan, pentingnya sinar matahari bagi suasana hati Anda, dan beberapa tip sederhana untuk memaksimalkan paparan Anda. Sekarang kita menghabiskan 90 persen hidup kita di dalam ruangan, dan retina kita dibombardir dengan cahaya buatan hingga larut malam. Ini mempengaruhi tidur kita, sistem biologis kita, dan kesehatan kita lebih dari yang mungkin kita sadari. Kabar baiknya adalah bahwa sedikit sinar matahari sangat membantu. Tapi apa manfaat sinar matahari bagi kita, dan apa yang kita lewatkan saat kita terjebak di dalam ruangan?

Tubuh kita dipandu oleh ritme sirkadian , siklus 24 jam dalam biologi kita dan perilaku yang membuat kita merasa terjaga di siang hari dan mengantuk di malam hari. Ritme ini diatur oleh satu set sel khusus di bagian belakang mata, di belakang batang dan kerucut yang memungkinkan otak kita membangun gambar. Mereka disebut sel ganglion retina fotosensitif intrinsik, atau ipRGCs untuk jangka pendek.

Baca Juga: Rempah & Herbal Indonesia Teratas untuk Disimpan di Dapur Anda

ipRGC sangat sensitif terhadap cahaya di bagian biru spektrum, termasuk siang hari yang cerah, dan cahaya dari layar kita. Mereka mengirim sinyal ke area otak yang mengontrol kita untuk tetap terjaga. Hanya satu jam cahaya biru intensitas rendah dapat meningkatkan kecepatan reaksi sebanyak minum dua cangkir kopi. Itu bagus jika tujuan Anda adalah untuk terjaga, tetapi tidak begitu baik sebelum tidur.

Paparan sinar matahari di pagi hari membantu menjaga ritme sirkadian Anda bekerja dengan baik, dan telah dikaitkan dengan kualitas tidur yang lebih baik dan skor depresi yang lebih rendah. IpRGC yang sama yang masuk ke jam master otak juga terhubung ke thalamus, area otak yang berhubungan dengan suasana hati.

Dan ada alasan penting lainnya untuk mendapatkan banyak sinar matahari: vitamin D . Ketika sinar matahari mengenai kulit Anda, itu mengubah kolesterol menjadi vitamin D, yang membantu membangun tulang yang kuat, dan memainkan peran yang bermanfaat dalam sistem kekebalan tubuh kita.

Ada juga beberapa bukti hubungan antara kadar vitamin D dan beberapa infeksi virus, termasuk flu dan covid-19. Tapi ini tidak jelas. Satu penelitian kecil menemukan bahwa orang-orang di rumah sakit dengan covid-19 jauh lebih kecil kemungkinannya untuk membutuhkan perawatan intensif jika mereka diberi vitamin D dosis tinggi. Di sisi lain, penelitian lain membandingkan kadar vitamin D pada orang yang dites positif virus corona dengan mereka yang tidak, dan tidak menemukan perbedaan.

Tetapi pentingnya vitamin D untuk tulang kita tidak diragukan dan banyak dari kita tidak mendapatkan cukup. Hal ini terutama terjadi pada bulan-bulan musim dingin, ketika tidak ada cukup sinar matahari untuk memproduksi vitamin di kulit kita, terutama bagi orang-orang di dataran tinggi dan mereka yang memiliki warna kulit gelap. Jelas, sinar matahari sangat penting bagi kita, dan bahkan peningkatan kecil dalam paparan Anda dapat meningkatkan kualitas tidur, suasana hati, dan pemulihan dari penyakit.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here