Gejala Umum Saraf Terjepit, Penyebab, dan Pencegahannya
Gejala Umum Saraf Terjepit, Penyebab, dan Pencegahannya

Tempat Pengobatan Kanker di PekanbaruSaraf terjepit terjadi ketika terlalu banyak tekanan pada saraf oleh jaringan di sekitarnya. Seperti tulang, tulang rawan, otot atau tendon. Tekanan ini mengganggu fungsi saraf, menyebabkan rasa sakit, kesemutan, mati rasa atau lemah. Saraf terjepit dapat terjadi di sejumlah tempat di tubuh Anda. Saraf terjepit yang terjadi pada tulang belakang bagian bawah, misalnya, kondisi ini terjadi ketika terdapat tekanan pada akar saraf di area tersebut, menyebabkan rasa sakit yang menjalar ke bagian belakang kaki Anda. Demikian juga, saraf terjepit di pergelangan tangan Anda dapat menyebabkan rasa sakit dan mati rasa di tangan dan jari Anda (carpal tunnel syndrome). Dengan istirahat dan perawatan konservatif lainnya, kebanyakan orang pulih dari saraf terjepit dalam beberapa hari atau minggu. Terkadang, operasi diperlukan untuk menghilangkan rasa sakit dari saraf terjepit.

Gejala Serangan Saraf Terjepit

Beberapa tanda dan gejala saraf terjepit meliputi hal-hal seperti berikut ini, diantaranya:

  • Mati rasa atau penurunan sensasi pada area yang disuplai oleh saraf
  • Rasa sakit dan terasa panas yang dapat menyebar hingga terasa ke kulit
  • Sensasi kesemutan (paresthesia)
  • Kelemahan otot di daerah yang terkena
  • Sering merasakan bahwa kaki atau tangan terasa sangat lemah

Masalah yang terkait dengan saraf terjepit mungkin lebih buruk saat Anda tidur.

Penyebab Gangguan Saraf Terjepit

Saraf terjepit terjadi ketika terlalu banyak tekanan (kompresi) diterapkan pada saraf oleh jaringan di sekitarnya. Dalam beberapa kasus, jaringan ini mungkin tulang atau tulang rawan, seperti dalam kasus tulang belakang yang menekan akar saraf. Dalam kasus lain, otot atau tendon dapat menyebabkan kondisi tersebut.

Dalam kasus sindrom saluran karpal, berbagai jaringan mungkin bertanggung jawab untuk kompresi saraf median saluran karpal, termasuk selubung tendon yang membengkak di dalam saluran, tulang yang membesar yang mempersempit saluran, atau ligamen yang menebal dan berdegenerasi. Sejumlah kondisi dapat menyebabkan jaringan menekan saraf atau saraf, termasuk:

  • Cedera
  • Rheumatoid atau radang sendi pergelangan tangan
  • Stres karena pekerjaan yang berulang
  • Hobi atau kegiatan olahraga
  • Kegemukan

Jika saraf terjepit terjadi hanya untuk waktu yang singkat, biasanya tidak ada kerusakan permanen. Setelah tekanan berkurang, fungsi saraf kembali normal. Namun, jika tekanan terus berlanjut, nyeri kronis dan kerusakan saraf permanen dapat terjadi.

Faktor Risiko Saraf Terjepit

Faktor-faktor berikut dapat meningkatkan risiko mengalami saraf terjepit:

  • Seks. Wanita lebih mungkin mengembangkan sindrom saluran karpal, mungkin karena memiliki saluran karpal yang lebih kecil.
  • Tulang taji. Trauma atau kondisi yang menyebabkan penebalan tulang, seperti osteoartritis, dapat menyebabkan taji tulang. Taji tulang dapat menguatkan tulang belakang serta mempersempit ruang di mana saraf Anda bepergian, dan akhirnya menjepit saraf.
  • Radang sendi. Peradangan yang disebabkan oleh rheumatoid arthritis dapat menekan saraf, terutama pada sendi Anda.
  • Penyakit tiroid. Orang dengan penyakit tiroid berisiko lebih tinggi mengalami sindrom carpal tunnel.

Namun beberapa hal berikut ini juga termasuk sebagai faktor risiko, diantaranya:

  • Diabetes. Penderita diabetes lebih berisiko tinggi mengalami kompresi saraf.
  • Terlalu sering digunakan. Pekerjaan atau hobi yang membutuhkan gerakan tangan, pergelangan tangan atau bahu secara berulang-ulang. Seperti pekerjaan perakitan, meningkatkan kemungkinan Anda terjepit pada syaraf.
  • Kegemukan. Kelebihan berat badan bisa menambah tekanan pada saraf.
  • Kehamilan. Air dan kenaikan berat badan yang berhubungan dengan kehamilan dapat membuat bengkak jalur saraf, menekan saraf Anda.
  • Istirahat berkepanjangan. Lama berbaring bisa meningkatkan risiko kompresi saraf.

Pencegahan Saraf Terjepit

Langkah-langkah berikut dapat membantu Anda mencegah saraf terjepit:

  • Pertahankan posisi yang baik – jangan menyilangkan kaki atau berbaring di satu posisi dalam waktu lama.
  • Masukkan latihan kekuatan dan fleksibilitas ke dalam program latihan rutin Anda.
  • Batasi aktivitas berulang dan sering-seringlah beristirahat ketika terlibat dalam aktivitas ini.
  • Pertahankan berat badan yang sehat.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here