Kenali dan Atasi Sendiri Ketika Saraf Terjepit Menyerang Pinggang
Kenali dan Atasi Sendiri Ketika Saraf Terjepit Menyerang Pinggang

Tempat Pengobatan Syaraf Kejepit di JakartaSaraf mengirimkan sinyal nyeri. Hal ini berarti bahwa ketika ada masalah dengan saraf, gejalanya bisa sangat tidak nyaman. Masalah umum yang terjadi adalah ketika saraf ditekan oleh tendon, ligamen, atau tulang di dekatnya. Ketika saraf terjepit terjadi, sinyal dari saraf tersebut menjadi terganggu oleh adanya tekanan, iritasi, atau gesekan. Kondisi semacam ini dikenal secara medis sebagai radiculopathy. Di pinggul, saraf terjepit dapat menyebabkan:

  • Rasa sakit yang membakar di pinggul, paha, atau selangkangan
  • Nyeri dan pegal di pinggul dan bokong
  • perasaan geli atau mati rasa di pinggul dan/atau di bagian bawah kaki
  • Kelemahan atau kehilangan gerakan di pinggul dan kaki yang terkena

Biasanya, rasa sakit atau mati rasa akan memburuk ketika seseorang bergerak. Karena saraf yang semakin teriritasi dan diperburuk oleh struktur yang menekannya.

Penyebab Saraf Terjepit pada Pinggang

Saraf terjepit dapat disebabkan oleh insiden kecil, seperti tidur dalam posisi yang tidak tepat, atau peristiwa besar seperti kecelakaan. Beberapa penyebab lain yang lebih umum dari saraf terjepit di pinggul termasuk:

  • Stres berulang pada pinggul, punggung, dan sendi di dekatnya. Seperti berjalan, berdiri atau duduk dalam posisi tertentu untuk waktu yang lama
  • Jatuh, kecelakaan mobil, atau cedera olahraga, yang dapat membuat otot dan persendian tidak sejajar
  • Tidur dalam posisi yang memberi tekanan pada pinggul dan punggung
  • Fleksor pinggul yang terlalu ketat, yang mungkin disebabkan oleh olahraga tanpa peregangan sebelum dan sesudahnya

Pengobatan Rumahan

Saraf terjepit yang ringan saja biasanya dapat dirawat di rumah. Pengobatan rumahan yang berguna untuk saraf terjepit di pinggul termasuk:

  • Menghindari kegiatan apa pun yang membuat rasa sakit semakin parah dapat mengurangi iritasi dan stres pada saraf, sehingga bisa sembuh.
  • Anti-radang. Obat ini dapat mengurangi pembengkakan, yang bisa menghilangkan tekanan saraf. Merek-merek yang umum termasuk ibuprofen dan naproxen.
  • Peregangan lembut. Cara ini dapat menghilangkan tekanan pada otot atau tendon yang mungkin terlalu ketat.

Peregangan untuk Saraf Terjepit

Peregangan tertentu bisa sangat bermanfaat bagi seseorang dengan saraf terjepit di pinggul mereka. Meregangkan area otot berikut mungkin bermanfaat:

Peregangan piriformis

Piriformis adalah otot di area bokong. Ketika terlalu ketat, kondisi tersebut dapat memperburuk saraf terjepit dan memperburuk nyeri pinggul. Otot ini menjadi kencang ketika seseorang menghabiskan waktu dengan terlalu lama duduk. Dan bisa juga menjadi terlalu tegang ketika seseorang tidak melakukan peregangan sebelum dan sesudah olahraga berat seperti berlari. Seseorang dapat menggunakan latihan peregangan piriformis dengan langkah sebagai berikut:

  1. Berbaringlah di permukaan yang rata.
  2. Genggam lutut kaki yang sakit dengan kedua tangan.
  3. Perlahan tarik lutut ke atas menuju kepala.
  4. Seseorang dapat memperdalam peregangan dengan memegang pergelangan kaki dan menarik kaki dengan lembut ke arah pinggul yang berlawanan.
  5. Tahan selama 10 detik.
  6. Ulangi 3 kali dengan kedua kaki.

Peregangan seluruh tubuh

Karena semua otot tubuh bekerja bersama, memiliki fleksibilitas yang baik di semua kelompok otot dapat membantu menghindari saraf terjepit dan nyeri yang terkait dengan otot. Cobalah gerakan santai dan menyegarkan ini untuk meregangkan berbagai otot di tubuh dan kami beri nama gerakan Sphinx:

  1. Pose yoga ini membantu meregangkan punggung bagian bawah dan memperkuat perut, yang keduanya terkait dengan pinggul.
  2. Berbaring telungkup di lantai dengan kaki lurus. Selipkan siku di bawah bahu dan letakkan lengan rata di lantai.
  3. Angkat dada dari lantai dan tekan pinggul dan paha ke bawah ke lantai. Terus angkat dada sampai terasa regangan di punggung bawah. Berfokuslah untuk merilekskan bahu dan meregangkan tulang belakang.
  4. Lakukan dengan lebih meregang untuk merasakan peregangan, dan berhenti jika itu menyakitkan.

Seperti halnya peregangan, beberapa lebih baik untuk jenis tubuh tertentu dan tingkat kebugaran. Cara terbaik untuk mengadopsi program peregangan ini adalah dengan bantuan pelatih pribadi bersertifikat atau terapis fisik.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here