MedicalHacking.co.id – Beberapa faktor yang memicu risiko kanker seperti genetika dan lingkungan, berada di luar kendali Anda. Tetapi penelitian menunjukkan bahwa sekitar 70% risiko kanker berada dalam kendali Anda, termasuk makanan Anda.

Menghindari rokok, membatasi alkohol, mencapai berat badan yang ideal, dan berolahraga secara teratur adalah langkah besar untuk menghindari kanker. Melakukan gaya hidup dengan diet yang sehat juga bisa memainkan peran penting.

Apa saja yang Anda makan dapat memiliki efek signifikan pada kesehatan Anda, termasuk risiko Anda terkena kanker. Ada banyak penelitian yang cenderung menunjukkan hubungan antara makanan tertentu dan kanker, jadi ada kebiasaan diet tertentu yang dapat memiliki pengaruh besar terhadap risiko tersebut.

Misalnya, mengkonsumsi makanan tradisional yang kaya akan buah, sayuran, dan lemak sehat seperti minyak zaitun dapat menurunkan risiko terkena berbagai jenis kanker yang umum, termasuk kanker payudara. Sebaliknya, diet dengan hanya mengkonsumsi satu porsi daging olahan setiap hari meningkatkan risiko kanker kolorektal.

Jika Anda memiliki riwayat kanker dalam keluarga Anda, membuat perubahan kecil pada diet dan perilaku Anda sekarang dapat membuat perbedaan besar bagi kesehatan jangka panjang Anda. Dan jika Anda sudah didiagnosis menderita kanker, makan makanan bergizi dapat membantu mendukung suasana hati Anda dan memperkuat tubuh Anda selama masa sulit ini.

Meningkatkan manfaat makanan pelawan kanker

Melihat dan menilai secara singkat dari pembahasan di atas, memilih makanan sehat bukan satu-satunya faktor penting dalam menghindari kanker. Penting juga untuk memperhatikan bagaimana Anda menyiapkan, menyimpan, dan memasak makanan Anda.

Berikut adalah beberapa tips yang akan membantu Anda mendapatkan manfaat maksimal dari mengonsumsi semua makanan penangkal kanker yang hebat itu, seperti buah dan

  • Makanlah setidaknya beberapa buah-buahan dan sayuran mentah karena mereka cenderung memiliki jumlah vitamin dan mineral yang paling tinggi. Walaupun memasak beberapa sayuran dapat membuat vitamin lebih bermanfaat untuk digunakan dalam tubuh kita.
  • Saat memasak sayuran, kukus hanya sampai lunak. Cara ini dapat mempertahankan lebih banyak vitamin dalam sayuran tersebut. Sayuran yang terlalu matang menghilangkan banyak vitamin dan mineral. Jika Anda merebus sayuran, gunakan air rebusan dalam sup atau hidangan lain untuk memastikan Anda mendapatkan semua vitamin di dalamnya.
  • Cuci semua buah dan sayuran. Gunakan sikat sayur untuk mencuci. Mencuci tidak menghilangkan semua residu pestisida, tetapi akan menguranginya.
  • Makanlah makanan dengan bumbu dan rempah yang meningkatkan kekebalan tubuh. Bawang putih, jahe, dan bubuk kari tidak hanya menambah rasa, tetapi mereka juga menambahkan nutrisi yang berharga untuk melawan kanker. Pilihan bagus lainnya termasuk kunyit, kemangi, rosemary, dan ketumbar. Cobalah menggunakannya dalam sup, salad, dan casserole.

Kiat untuk mengurangi karsinogen

Karsinogen adalah zat penyebab kanker yang ditemukan dalam makanan. Zat ini dapat terbentuk selama proses memasak atau mengawetkan (kebanyakan berkaitan dengan daging) dan ketika makanan mulai rusak.

Berikut ini adalah beberapa cara untuk mengurangi paparan tubuh Anda terhadap karsinogen:

  • Jangan memasak minyak dengan api besar. Memasak atau memanggang dengan tingkat panas sedang (kurang dari 240 derajat) mencegah minyak atau lemak menjadi zat karsinogenik. Daripada menggoreng atau menumis, pilih metode yang lebih sehat seperti memanggang, merebus, mengukus, atau memanggang.
  • Jangan terlalu sering memasak dengan metode barbekyu. Daging yang terbakar sampai hangus dapat menciptakan zat karsinogenik. Jika Anda memilih untuk barbekyu, jangan terlalu lama dan pastikan untuk memasak pada suhu yang tepat (tidak terlalu panas).
  • Simpan minyak di tempat yang sejuk dan gelap dalam wadah kedap udara. Karena minyak cepat menjadi tengik bila terkena panas, cahaya, dan udara secara langsung.
  • Hindari makanan yang terlihat atau bau berjamur, karena kemungkinan mengandung aflatoxin, karsinogen kuat yang paling sering ditemukan pada kacang berjamur. Kacang akan tetap segar lebih lama jika disimpan di dalam lemari es atau freezer.
  • Berhati-hatilah dengan apa yang Anda masukkan ke dalam microwave. Gunakan kertas lilin daripada bungkus plastik untuk menutupi makanan Anda dalam microwave. Dan selalu gunakan wadah yang aman untuk microwave.

Dengan berbagai cara sehat dan sederhana di atas, resiko kanker akan dapat diturunkan meskipun tidak bisa 100%. Karena tubuh setiap orang tidak sama dalam menghadapi berbagai zat yang berpotensi menyebabkan kanker.

Tetapi paling tidak ada usaha nyata yang dapat kita lakukan untuk menghindari kanker tersebut berkembang di dalam tubuh.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here